header-int

Arti Lambang

Posted by : Administrator
Share

 

Lambang UMS Rappang tersusun atas matahari bersinar utama dua belas, ditengah bertuliskan ”Muhammadiyah” dalam tulisan Arab, dilingkari dua kalimat syahadat dalam tulisan Arab, lukisan padi dan kapas, tulisan ”Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang”, dan lima kelopak bunga yang melingkar.

Adapun makna yang ada pada lambang UMS Rappang sebagaimana ayat (2) adalah sebagai berikut:

  1. Tulisan Muhammadiyah yang berada di bagian tengah, berwarna kuning dalam tulisan Arab adalah melambangkan bahwa UMS Rappang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah, berdiri di bawah panji-panji Persyarikatan Muhammadiyah, oleh karena itu seluruh aktivitasnya wajib menyelaraskan dengan keyakinan dan cita- cita hidup .
  2. Matahari berwarna kuning yang memiliki sinar utama dua belas dan setiap sinarnya memiliki lima pancaran melambangkan daya vitalitas dan dinamika yang memancar dari dalam dirinya sendiri, memberikan kehidupan kepada lainnya.
  3. Dua kalimat syahadat berwarna kuning dalam tulisan Arab bermakna bahwa persyarikatan berusaha memancarkan cahaya ketauhidan yang meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah S.W.T.
  4. Lukisan padi berwarna kuning (RGB; 255 255 0) berjumlah 19 (sembilan belas) butir dan kapas 12 (duabelas) kuntum dengan tangkai berwarna kuning, menggambarkan tahun berdirinya persyarikatan, sekaligus lambang kemakmuran dan kesejahteraan yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Lambang ini juga berarti bahwa UMS Rappang mendidik tenaga ahli di bidangnya yang berguna bagi kesejahteraan umat, bangsa, dan negara serta memilki komitmen untuk mewujudkan sarjana yang berakhlak mulia.
  5. Tulisan melingkar ”UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDENRENG RAPPANG” berwarna kuning (RGB= 255-215-0) memberikan arti Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang berada di Sidenreng Rappang.
  6. Bintang persegi lima berjumlah dua buah yang berada di bagian ujung dan pangkal tulisan Sidenreng Rappang melambangkan UMS Rappang beraqidah Islam yang bersumber pada Al Quran dan Hadits, serta berasaskan (berdasarkan) Pancasila dan UUD 1945.
  7. Lima kelopak bunga melingkar di bagian luar berwarna kuning, bagian tengah berwarna biru, dan bagian dalam berwarna kuning melambangkan dalam melaksanakan tugas utamanya seluruh unsur yang terlibat di dalam UMS Rappang harus dilandasi dengan prinsip kesabaran, ketelitian dan kemuliaan semata-mata mencari ridha Allah serta memiliki keteguhan untuk menegakkan rukun Islam. Selain itu, kelopak bunga melambangkan Pancasila sebagai dasar falsafah negara Republik Indonesia.
  8. Lambang Muhammadiyah dijadikan inti lambang UMS Rappang terkandung maksud bahwa UMS Rappang merupakan amal usaha Muhammadiyah, sehingga segala gerak dan aktivitas yang dilakukan harus selaras dengan khitah, keyakinan, dan cita-cita hidup Muhammadiyah.
  9. Seluruh lambang berlatar belakang warna biru, lambang dari Profesional dan Percaya Diri. Diharapkan lulusan dari UMS Rappang, membawa profesional dan percaya diri serta berguna bagi masyarakat.

UMS Rappang Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang atau UMS Rappang Merupakan Universitas yang sangat di perhitungkan di Indonesia Timur, UMS Rappang lahir dari penyatuan 2 Sekolah Tinggi Terbesar yang ada di Sidrap, Yaitu STKIP dan STISIP Muhammadiyah Rappang. Dengan Umur yang masih Muda, UMS Rappang Siap Bersaing dalam Hal Pengembangan Pendidikan Di Indonesia Pada Umumnya dan di Sidrap pada Khususnya.
© 2021 Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang Follow UMS Rappang : Facebook Twitter Linked Youtube