header-int

Profil

Posted by : Administrator
Share

MUKADDIMAH

Bahwa sesungguhnya alam semesta diciptakan Allah SWT semata?mata untuk kepentingan makhluk-Nya. Dan hanya makhluk yang beriman dan berilmu?lah yang dapat memanfaatkan alam semesta ini untuk dikelola sebagai perwujudan khalifah fil ardh.

Muhammadiyah lahir dalam rangka mewujudkan semangat tersebut. Muhammadiyah adalah gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi munkar yang didirikan oleh K.H.A. Dahlan, bermaksud menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, dengan meningkatkan kualitas kehidupan umat melalui berbagai amal usaha, antara lain di bidang pendidikan dan kesehatan.

Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS Rappang) sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi lahir dari penggabungan STKIP Muhammadiyah Rappang dan STISIP Muhammadiyah Rappang sesuai dengan Surat Keputusan Menristek Dikti Nomor 113/KPT/I/2019 tertanggal 18 Februari 2019.

Lulusan yang hendak dihasilkan sesuai dengan tujuan Pendidikan adalah learning to know, learning to be, learning to do, learning to live together berupaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan peserta didik menjadi sarjana yang unggul, professional Islami, dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis kewirausahaan digital.

UMS Rappang menerapkan suasana proses pembelajaran, penelitian, pengabidan kepada  masyarakat, dan Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang mengedepankan proses yang beroreintasi kepada peserta didik (mahasiswa).

Nilai budaya organisasi yang mendasari proses tersebut adalah disesuaikan dengan pola ilmiah pokok yaitu Unggul, Profesional Islami, dan Kewirausahaan Digital. Unggul artinya seluruh civitas akademika memiliki kecerdasan intelektual sesuai dengan keilmuannya masing-masing diatas Standar Pendidikan Tinggi. Profesional Islami dimaknai sebagai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sebagai hubungannya dengan sesama manusia dan hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Kewirausahaan Digital dimaknai sebagai jiwa kewirausahaan menjadi nilai yang akan dikedepankan disertai teknologi informasi digital sesuai dengan kebutuhan industry 4.0.

Selamat Datang di Kampus Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidenreng (UMS) Rappang.

Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang atau UMS Rappang merupakan universitas yang sangat di perhitungkan di indonesia timur, UMS Rappang lahir dari penyatuan 2 Sekolah Tinggi Terbesar yang ada di Sidenreng Rappang pada hari Senin Tanggal 18 Februari 2019, Yakni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Muhammadiyah Rappang, sesuai Surat Keputusan Kementrian Riset, Teknologi , dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 113/KPT/I/2019 pada Tanggal 18 Februari 2019 .

Dengan Umur yang masih Muda, UMS Rappang Siap Bersaing dalam Hal Pengembangan Pendidikan Di Indonesia Pada Umumnya dan di Sidenreng Rappang pada Khususnya.

Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang memiliki 3 Fakultas dan 11 Program Studi yang terbagi antara 10 Program sarjana dan 1 program pasca sarjana, Berikut daftar Fakultas dan Program Studi :

  1. Program Pascapascasarjana
  • Program Studi Magister Administrasi Publik (S2)
  • Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2)
  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
  • Program Studi Bahasa Inggris (S1)
  • Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Program Studi Administrasi Publik (S1)
  • Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)
  1. Fakultas Sains dan Teknologi (FaST)
  • Program Studi Agro Teknologi (S1)
  • Program Studi Agribisnis (S1)
  • Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (S1)
  • Program Studi Peternakan (S1)
  • Program Studi Ilmu Perikanan (S1)
  1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Program Studi Bisnis Digital (S1)
  • Program Studi Kewirausahaan (S1)
  1. Fakultas Kesehatan
  • Program Studi Administrasi Kesehatan

 

Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang telah di beri Amanah Akreditasi Institusi “B” Oleh BAN PT. Ini adalah bukti bahwa Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang terus maju dan Berinovasi sesuai dengan Visi UMS Rappang :

 

“ Menjadi perguruan tinggi yang unggul, profesional, Islami, dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis Agribisnis Modern(2045)”

 

Dengan Slogan “ The Agriculture Entrepreneurial University 

 

Adapun Misi dari UMS Rappang adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan berstandar mutu nasional agar peserta didik menjadi manusia berkemampuan akademik yang berkualitas, serta berkepribadian dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat berbasis Agribisnis Modern.
  3. Membina suasana kehidupan akademik yang Islami dan bertanggung jawab melalui penggunaan sumber daya yang ada secara optimal.

 

Saat ini UMS Rappang memiliki 103 dosen. 13 diantaranya bergelar doktor, dan 90 berpendidikan strata dua (s2).

Proses pembelajaran di UMS Rappang, menerapkan sistem pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dengan kosep Paper Less. UMS Rappang berdiri di atas lahan 20.796 Ha, diatasnya berdiri sejumlah bagunan dan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran.

UMS Rappang akan menjadi kiblat pelebelan produk halal khusus pertanian dengan jargon#Center Of Halal.

Tak hanya itu, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang akan menekankan lulusan yang berorientasi dan memiliki jiwa enterprenuership.

UMS Rappang Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang atau UMS Rappang Merupakan Universitas yang sangat di perhitungkan di Indonesia Timur, UMS Rappang lahir dari penyatuan 2 Sekolah Tinggi Terbesar yang ada di Sidrap, Yaitu STKIP dan STISIP Muhammadiyah Rappang. Dengan Umur yang masih Muda, UMS Rappang Siap Bersaing dalam Hal Pengembangan Pendidikan Di Indonesia Pada Umumnya dan di Sidrap pada Khususnya.
© 2021 Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang Follow UMS Rappang : Facebook Twitter Linked Youtube