Mahasiswa Pascasarjana UMS Rappang Presentasikan Hasil Penelitian tentang Media Pembelajaran Powtoon
SIDRAP, UMSRAPPANG– Linayanti, mahasiswa Magister (S2) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang (UMS Rappang), mempresentasikan hasil penelitiannya dalam seminar hasil penelitian yang digelar di Gedung Fakultas Fisip UMS Rappang, lantai 1, Selasa (30/9/2025).
Dalam paparannya, Linayanti membawakan hasil penelitian berjudul “Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas Tinggi UPT SD Negeri 2 Batu.”
Seminar hasil tersebut diuji langsung oleh sejumlah dosen penguji, yakni:
Dr. Muhammad Hanafi, S.Pd., M.Pd. Dr. Rustam Efendi R., S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. H. Jamaluddin Ahmad, S.Sos., M.Si. Dr. Yusmah, S.S., M.Hum dan Dr. M. Nurzin R. Kasau, S.Pd., M.Pd.
Salah satu penguji, Dr. M. Nurzin R. Kasau, saat ditemui pada Kamis (2/10/2025), menilai penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital di kelas.
“Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Powtoon sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar sekaligus keterampilan menyimak siswa. Diharapkan aplikasi ini dapat diterapkan secara lebih luas dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah,” ungkap Nurzin.
Dengan hasil penelitian ini, Linayanti diharapkan dapat memberikan sumbangsih nyata dalam inovasi pembelajaran modern, sekaligus menjadi inspirasi bagi tenaga pendidik dalam mengembangkan metode belajar yang lebih kreatif dan menyenangkan.
Artikel Lainnya :
- Temui Rektor UMS Rappang, PDM Soppeng dan Pinrang Bahas Pendirian Kampus Baru
- Kerjasama Departemen Sastra Inggris UNHAS dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMS Rappang
- Kolaborasi Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UMS Rappang dan UMPAR
- UMS Rappang Umumkan Pemenang Penghargaan pada Penutupan KKN EXPO 2025
- Tiga Kepsek Muhammadiyah Terpilih Pengurus Inti Hizbul Wathan Sidrap 2025 -2030