
Mahasiswa Bisnis Digital UMS Rappang Teliti Pengaruh Strategi Pemasaran Digital
KOSONGSATUNEWS.COM, SIDRAP, –Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Sidenreng (UMS) Rappang kembali menyelenggarakan seminar hasil skripsi secara
tatap muka pada Kamis, 24 Juli 2025. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Sidang
FEB UMS Rappang mulai pukul 13.00 WITA dan berjalan dengan lancar serta penuh
antusiasme akademik.
Salah satu mahasiswa yang turut memaparkan hasil
penelitiannya adalah Umrah Mekar Maulia, NIM 0910581321009, dari Program Studi
Bisnis Digital. Dalam kesempatan tersebut, Umrah menyajikan skripsinya yang berjudul:
“Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Digital melalui E-Commerce Shopee
terhadap Loyalitas Pelanggan di Raer Store Kabupaten Sidenreng Rappang”.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang
terjadi di Raer Store, sebuah UMKM yang bergerak di bidang Kosmetik dan
skincare dan aktif berjualan melalui platform e-commerce Shopee. Meskipun
penjualan secara umum cukup stabil, loyalitas pelanggan menunjukkan
kecenderungan fluktuatif. Hal ini mendorong peneliti untuk menggali lebih dalam
tentang bagaimana strategi pemasaran digital yang diterapkan dapat memengaruhi
tingkat loyalitas konsumen.
Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei,
penelitian ini menganalisis pengaruh elemen-elemen pemasaran digital seperti
promosi online, interaksi pelanggan, dan pelayanan dalam platform Shopee
terhadap loyalitas pelanggan Raer Store. Data dikumpulkan melalui kuesioner
yang disebarkan kepada pelanggan aktif Raer Store di Shopee dan dianalisis
menggunakan teknik regresi linier.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran
digital yang diterapkan melalui platform Shopee berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Beberapa faktor dominan yang memengaruhi loyalitas antara
lain kualitas interaksi dan kejelasan informasi produk.
Penelitian ini juga memberikan rekomendasi strategis
untuk meningkatkan keterikatan pelanggan secara jangka panjang, seperti
personalisasi layanan, program shoope coins, dan optimalisasi fitur Shopee Live.
Seminar hasil ini turut dihadiri
oleh tim penguji yang terdiri dari: Muhammad Rusdi, S.Ag., M.Adm.KP (Ketua
Penguji), Andi Riska Andreani Syafaruddin, S.E., M.Ak. (Sekretaris Penguji) dan
Haslindah, S.E., M.Ak., AK., ACPA.* – (Anggota Penguji)
Selanjutnya, Apt Pratiwi Ramlan
S.Farm., M.A.P (Pembimbing I), dan Rahman Yakub, S.T., M.A.P. (Pembimbing II)
Dalam sesi tanya jawab, Umrah
dinilai mampu menjawab berbagai pertanyaan secara lugas dan sistematis,
menunjukkan penguasaan materi yang baik. Seminar hasil diakhiri dengan sejumlah
masukan dari tim penguji yang membangun dan apresiasi terhadap kontribusi
ilmiah yang diberikan dalam penelitian ini.(MDS)
Sumber : KOSONGSATUNEWS.COM
Artikel Lainnya :
- Dosen Ilmu Perikanan UMS Rappang Dukung Pengembangan Budidaya Udang Windu Berbasis Lingkungan
- Mahasiswa KKN 7 UMS Rappang di Desa Polewali Ikut Membuat Kue, Dukung Ekonomi Lokal
- Bahtiar Herman (UMS Rappang) dan UNHAS Teliti Faktor Keberhasilan Sertifikasi Halal di Sidrap
- Mahasiswa UMS Rappang Kaji Peningkatan Brand Awareness UMKM Melalui Website Berbasis WordPress
- Mahasiswa Bisnis Digital UMS Rappang Teliti Strategi Bisnis Percetakan Dinda